Mudah...Cara Mengatasi Dinamo Shorts/Kongslet

 Halo assalamualaikum wr wb teman teman bagaimana kabarnya.semoga teman teman dalam kondisi yang sehat dan dirahmati Allah SWT.

Kali ini saya akan membagikan ilmu
bagaimana Cara Mengatasi Dinamo Shorts/Kongslet





                    






1. Amati keadaan kawat dan kertas/plastic mica pada penutup kawat dan sekat antara lilitan utama dan starter. Jika terlihat kawat tampak berubah warna pada satu kutub dibandingkan dengan kutub yang lain atau kertas/plastic mika terlihat gosong/menciut pada satu kutub dikarenakan panas yang berlebihan, dapat kita curigai di bagian kutub tersebutlah yang short. Tapi jika shortnya tidak terlalu parah, biasanya kawat dan mica tampak mulus. Jadi terserah anda untuk memulai kutub mana yg mau dicek terlebih dahulu.
2. Putuskan tali pengikat pada kutub yang mau di cek secara hati-hati, agar kawat tidak tergores atau ikut terpotong.
3. Lepaskan kopelan kawat yg keluar dari utama dan starter. Jika sudah dilepas, berarti antara starter dan utama tidak ada lagi hubungan. Jika dites dengan tester ternyata masih ada hubungan meski dengan resistansi besar, berarti dinamo tersebut masih short.
4. Pisahkan atau renggangkan tumpukan kutub starter dan utama dengan menekan kutub starter kebagian dalam dengan menggunakan tangan atau obeng (jika sirlak cukup keras) yg diameternya /permukaan obengnya tidak terlalu besar/tajam dan dapat diselipkan diantara kutub utama dan pertengahan celah pada kutub starter. Lakukan dengan hati-hati agar kawat tidak putus atau terkelupas emailnya.
5. Cek dengan tester pada kedua kawat yang telah dilepas. Jika masih short, lakukan kembali langka selanjutnya pada kutub yang lain sambil dilakukan pengecekan dengan tester. Lakukan sampai bagian yang short ketemu dengan ditandai tidak adanya lagi hubungan antara utama dan starter meski posisi tester pada skala X10K.
6. Jika bagian yang short telah ditemukan, akan tampak bagian email kawat yang terkelupas. Jika tidak terlalu parah (banyak), cukup sirlak kembali bagian yang terkelupas setelah itu lilitan kembali di rapikan lalu beri sekat pemisah (mica) pada pertemuan/persilangan semua kutub utama dan starter.
7. Ikat kembali semua lilitan, kembalikan sambungan kawat dan kabel seperti semula dan lakukan kembali pengecekan dengan tester. Setelah diyakini lilitan dinamo tidak lagi short lakukan kembali penyirlakan secara merata.
Kesimpulan:
Jika yang short atau email kawatnya sudah terlalu banyak yg terkelupas ataupun banyak yang putus, sebaiknya dilakukan penggulungan baru pada lilitan kutub yg bermasalah. dengan konsekuensi jika yg bermasalah adalah lilitan bagian luar anda hanya perlu menggulung baru 1 kutub saja, tapi jika bagian dalam anda terpaksa menbongkar/mengamputasi lalu menggulung kembali 3 kutub sekaligus, 2kutub bagian luar dan 1 kutub bagian dalam yang bermasalah. Ukur diameter kawat dan hitung secara akurat jumlah kawat pada kutub yang akan digulung baru


                                



Semoga Bermanfaat🙏



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib Tahu...Memperbaiki Masalah Pada Magicom Yang Sering Muncul

lakukan ini... penyebab dan cara memperbaiki kipas kulkas 2 pintu mati

Ini Ilmunya...Cara kerja timer kulkas